Kamis, 16 Mei 2019

Buletin OSA | BIMTEK SENIMAN SUMBA TENGAH 2019 | part SATU


Buletin OSA 
16 Mei 2019
..
Bimtek Seniman Sumba Tengah 2019
- seniman tari dan seniman musik -

Bertempat di AULA Puspas, Katiku Loku kegiatan ini dibuka pada hari Selasa, 14 mei 2019 oleh plt. Sekretaris Daerah Sumba Tengah, bapak Drs. Umbu Eda, M.Si., Adapun instruktur kegiatan ini adalah pak Mohadi dan ibu Paulina dari Taman Budaya Provinsi NTT , yang mana keduanya adalah pelatih profesional dan kali ini kali ketiga mendampingi peserta bimtek ini.
Dalam sambutan Sekretaris Daerah antara lain :
* Menumbuh kembangkan sanggar-sanggar seni budaya yang mengikuti bimbingan teknis ini.
* Agar Sanggar nanti memiliki nilai jual dalam masa mendatang menyambut era perkembangan pariwisata Sumba Tengah.
* Dengan sendirinya akan berhubungan dengan pendapatan daerah.
* Pemerintah akan menyediakan bantuan bagi sanggar-sanggar yang berpotensi.
..

Kegiatan ini dilaksanakan oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan, bidang Kesenian.. >>(edit : bidang Pengwmbangan PariPariwi dan Ekonomi Kreatif).  


Kegiatan ini akan berlangsung sampai 18 Mei 2019. 
..  
Kali ini ada 45 Sanggar yang ikut dalam bimbingan teknis kali ini, baik dari Sanggar Sekolah maupun dari Sanggar Masyarakat termasuk Sanggar OSA.
Ini adalah yang ketiga kali diadakan yakni sejak tahun 2016, 2017 dan 2019. Adapun tujuan dari kegiatan ini adalah menumbuh kembang kan tradisi Sumba Tengah khususnya di bidang tarian.
Dalam pada itu, tarian yang di'lahirkan' dari sini adalah tarian kreasi yang dikembangkan dari tarian yang sudah ada.


..


Kali ini musik dibagi atas dua tim, dan tarian dibagi atas empat tim yaitu untuk kembangkan tarian menanam padi, meotong padi, menenun dan kataga. Yang mana kesemuanya melahirkan terian kreasi baru untuk semakin memperkaya khasanah budaya Sumba Tengah.
.
Sekedar tambahan, bahwa pada BIMTEK SENIMAN SUMBA TENGAH 2017 lalu maka lahirlah OsamuethniC di Sanggar OSA yang akhirnya dikembangkan dengan lebih luas, OsamuethniC: ( https://www.youtube.com/playlist?list=PLj8X_deuLvHR_z0nZuWovKFU0UxHxXQXc)
 lalu ada juga tarian anakara rikimeri yang pernah diperlombakan dan sempat dibawakan ke Provinsi pada tahun 2018..
.
Maka pada BIMTEK kali ini, pasti akan menghasilkan beberapa karya lagi untuk memperkaya warna-warni Gogali Sumba Tengah. 

.... 

... 
Link VLOG OSA 
https://youtu.be/LBrDPGUOtCw


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

OM OSA MASUK KAMPUNG 2024 ( Sumba Tengah)

Salam Osa, Salam Budaya., Menikmati suguhan suasana perkampungan di Sumba adalah sesuatu yang sangat berbeda dan menarik bagi saya.  Sejauh ...