Senin, 10 Februari 2020

OSA dalam EDUKASI MUSIK dan ORASI MUSIK



OSA dan Edukasik (edukasi musik) = ADukaSik

Salam OSA..
Sanggar OSA beredukasi lewat musik.
Lewat syair lagunya,
Lewat musiknya,
Lewat harmonynya,
MENGAPA??
1. SAYA BUKAN SARJANA MUSIK, SEHINGGA TAK MUNGKIN MASUK KE SEKOLAH MENJADI GURU MUSIK.
2. MUSIK ADALAH HAL YANG BISA MASUK KE ALAM BAWA SADAR SESEORANG YANG MENDENGARNYA.


Saya memang fokus pada pengembangan lagu dan musik saya serta lagu daerah Sumba. 
Alasannya jelas telah sangat terbukti. Dari Pengamatan dan Visi saya untuk ini semua. 
A. Musik Pengiring
Tahun 2011 saat saya pertama kali membawa anak2 SMA Sumba Tengah dalam perlombaan kegiatan PAGELARAN SENI BUDAYA SESUMBA di Sumba Barat, musik pengiring lomba solo saya bongkar dari lagu aslinya menjadi musik versi OSA dan menjadi milik Sumba Tengah. Keluar dari bayang-bayang musik lagu asli meski jiwa lagu tersebut tidak tergantikan. Itu telah merubah mindset pengiring lomba solo masing2 kabupaten. Sampai saat ini, semuanya telah 'terbongkar' menjadi musik milenial meski dengan lagu2 daerah yang lawas.
Pemusik2 boleh tidak mengakui itu, tapi buktinya sudah jelas merubah sejak saat itu sampai kini. Bahwa dalam setiap ajang yang sama, musik pengiring Sumba Tengah selalu beda dengan Kabupaten Lain, meski dari beberapa Kabupaten telah juga berubah.
B. ADukaSik dalam lagu-lagu Sumba (Tengah)..
Memasukkan unsur edukatif dalam setiap lagu OSA, misalnya edukasi tentang budaya, tentang alam, tentang sosial, tentang manusia dan Tuhan, tentang bagaimana membangun Sumba sebagai kesatuan Sumba, edukasi genre lagu Sumba, pun edukasi tentang musik itu sendiri dalam chord lagu Sumba yang lebih luas. Contoh lagu OSA mengandung unsur edukasi adalah :
1. Tanadaru (edukasi alam : mengajak orang Sumba menghargai hutan di Sumba, khususnya hutan Tanadaru)
https://youtu.be/ZRnPEShidHQ

2. Hujan di Monalisa (edukasi alam, Sumba dan syukur : hujan kadang menjadi bahan dilema pemikiran manusia ketika berada pada posisi tertentu, dalam lagu ini saya mengajak agar manusia tetap mensyukuri hujan sebagai BERKAT TUHAN dalam kondisi apapun)
https://youtu.be/D0fUfZcgJRI

3. Rambu Reta (edukasi irama, kolaborasi dan budaya SUMBA TENGAH)
https://youtu.be/DwC4pzjwnxU

4. Lilin untuk Sumba (edukasi bersatu sebagai Pulau Sumba dalam menjaga dan menjadikan Sumba sebagai Pulau Hebat)
https://youtu.be/YqR9Qx68IT4

5. Tanah Abadi (edukasi bersatu Sumba)
https://youtu.be/c_jLnObo-CE [lagu ke 4 ]

6. God bless My Sumba (edukasi musik = lagu Sumba dengan nuansa blues gozpel yang jarang ada untuk musisi Sumba pun lagu Sumba)
https://youtu.be/c_jLnObo-CE [lagu ke 5 ]

7. Penari Sumba ( edukasi tarian budaya, musik tradisi, kolaborasi beatbox dan rapp)
https://youtu.be/dDErwCJYZOQ

8. Boneka Beruang (edukasi akord lagu) 
Ini adalah lagu saya, yang akhirnya saya jadikan standart musikalisasi musisi Sumba, khususnya pemain keyboard dan gitar dalam memainkan lagu ini. Dengan banyaknya modulasi dan kontra akord. 
https://youtu.be/31jgGba_DtI

9. Bunga Ratu di Savana (edukasi akord dan harmony lagu dan akord) 
Ini adalah lagu saya, yang akhirnya saya jadikan standart musikalisasi musisi Sumba, khususnya pemain keyboard dan gitar dalam memainkan lagu ini serta penyanyi duet dalam menciptakan harmony dalam membawakan lagu ini. 
https://youtu.be/vFIwm_DaqGc

10. Silahkan ditambah sendiri, edukasi apa yang Anda dapatkan dalam musik dan lagu Osa. 

Silahkan kunjungi channel youtube OSA MUSIC STUDIO
Mengapa?
Inilah hal paling mujarab yang bisa saya lakukan dalam mengajar tanpa bertemu mata langsung dengan para 'murid' se Sumba.

C. ADukaSik dalam IRAMA SUMBA..(OSA STYLE)
Lagu TANA MA PA IHI, RAMBU RETA, ANAKALANG, dll..adalah lagu yang saya ciptakan dengan irama Sumba..
Dalam grup OsamuethniC, irama itu 60% digunakan dalam lagu2nya saat perform dimana2. Irama ini tidak ada di dunia lain, dengan hitungan yang ganjil dan belum terdeteksi dalam hitungan irama Internasional. Saya 'menjual' irama ini kemana-mana. BERANI SAYA KATAKAN INI ADALAH 'OSA STYLE' 
.....
Bisa saya pastikan, musik yang saya hadirkan dalam banyak grup ( duet, kOSAkATA, OsamuethniC, OSA BAND, OSA ELEK TONE, VOCAL GRUP OSA, PADUAN SUARA OSA) adalah musik untuk ber edukasi dan ber orasi. 


SALAM OSA
#OSA #sanggarOSA #spirit202OSA #adukASIK



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

OM OSA MASUK KAMPUNG 2024 ( Sumba Tengah)

Salam Osa, Salam Budaya., Menikmati suguhan suasana perkampungan di Sumba adalah sesuatu yang sangat berbeda dan menarik bagi saya.  Sejauh ...